Puluhan Bacaleg TMS di Soppeng, Ini Penyebabnya

Puluhan Bacaleg TMS di Soppeng, Ini Penyebabnya

49
0
SHARE

KOPEL – Tahap verifikasi berkas bakal calon anggota legeslatif (Bacaleg) di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Soppeng sudah selesai. Hasilnya sebanyak 343 Bacaleg sudah mendaftar diri dan ada sekitar 37 dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

Dengan demikian 37 Bacaleg itu akan dicoret dan dinyatakan gugur serta tidak masuk dalam Daftar Caleg Tetap ( DCT). Ketua KPU Soppeng, A Sri Wulandani mengatakan, pihaknya sudah menyelesaikan proses verifikasi kelengkapan berkas bacaleg yang berakhir pada 31 Juli, lalu.

Dari tahap verifikasi itu, 37 Bacaleg yang dinyatakan TMS karena tidak melengkapi berkasnya hingga jadwal masa perbaikan berakhir. “Semua yang tidak memenuhi syarat pada masa perbaikan berkas akan langsung di coret dan tidak ada mekanisme penggantinya,” katanya.

Jadi ada 343 Bacaleg yang telah mendaftar di KPU Soppeng dari 14 Parpol yang mendaftarkan Bacalegnya. “Sebagian besar yang tak memenuhi syarat tidak melampirkan foto copy dokumen ijazah SMA yang dilegalisir, diantaranya ada yang tidak memasukkan SKCK dan juga tidak adanya surat keterangan terdaftar sebagai pemilih,” ungkapnya.

Sementara Sekertaris DPD II Partai Golkar Yahya Daud mengaku, seluruh bacaleg dari Partai Golkar lengkap berkasnya. Dia menyebutkan, ada 30 bacaleg yang didaftarkan dan tersebar di lima daerah pemilihan (Dapil) di Kabupaten Soppeng.

“Setelah kurang lebih sebulan bekerja, saya dari partai Golkar merasa lega, karena 30 bacaleg kami berhasil lolos pada tahapan verifikasi berkas milik KPU,” katanya.

Kelengkapan berkas, merupakan hasil kerjasama dan kerja keras dan peran serta pengurus partai. (mon/parepos)