Komisi DPRD Mulai Bahas Anggaran PD

Komisi DPRD Mulai Bahas Anggaran PD

27
0
SHARE

* Enam Fraksi Setuju Rancangan Perubahan APBD

KOPEL – Sebanyak 6 (enam) fraksi di DPRD Palopo menyetujui rancangan peraturan daerah (Ranperda) APBD 2018. Hal itu tertuang dalam rapat paripurna yang dilaksanakan di kantor DPRD Palopo, kemarin.

Selanjutnya, komisi DPRD Palopo akan membahas anggaran setiap Perangkat Daerah (PD).

Pembacaan pandangan fraksi ini masing-masing dilakukan ketua fraksi. Mereka menyetujui rancangan peraturan daerah (Ranperda) APBD 2019 menjadi peraturan daerah (Perda).

Ketua DPRD Palopo, Harisal A Latif, mengatakan, ranperda tentang APBD ini dilaksanakan sebagai dasar untuk menetapkan anggaran 2018. Selanjutnya, DPRD akan membahas penganggaran setiap PD di tingkatan komisi yang dijadwalkan besok (hari ini).

“Komisi akan membahas bersama PD terkait untuk penganggaran dari setiap program yang akan dilaksanakan ke depan,” katanya.

Di akhir rapat paripurna dilaksanakan penandatanganan dan penyerahan naskah keputusan DPRD dan berita acara persetujuan bersama wali kota Palopo yang diwakili Sekretaris Kota Palopo dengan DPRD Kota Palopo terhadap Rancangan Peraturan Daerah Tentang Perubahan APBD tahun anggaran 2018 Kota Palopo serta Ranperda yang telah dibahas.

Rapat ini dipimpin langsung Ketua DPRD Palopo, Harisal A Latif, didampingi Wakil Ketua DPRD, Islamuddin dan Hj Hasriani. Rapat ini juga dihadiri sejumlah legislator lainnya termasuk sejumlah pimpinan PD.

Setelah mendengarkan pandangan fraksi, dilanjutkan dengan rapat paripurna ke-31 masa sidang ke-3 tahun 2018 dengan agenda jawaban walikota Palopo atas pandangan umum fraksi-fraksi DPRD kota Palopo terhadap Ranperda perubahan APBD pemerintah kota Palopo tahun 2018, Rabu 12 September 2018.

Dalam rapat paripurna itu, pimpinan rapat meminta kepada para pimpinan perangkat daerah agar ikut menghadiri pembahasan pada tingkat lanjut, baik pada tingkat komisi maupun di Badan Anggaran DPRD kota Palopo.

“Sedapat mungkin agar tidak diwakili, demi kelancaran pembahasan,” pinta sekkot.

Rapat paripurna yang digelar di ruang sidang utama DPRD kota Palopo dihadiri Sekretaris Kota, H. Jamaluddin, yang mewakili Pj. Walikota Palopo dan Ketua DPRD Kota Palopo Harisal A Latief, yang memimpin langsung Rapat Paripurna, dihadir pula unsur pimpinan DPRD lainnya bersama Anggota DPRD Kota Palopo, Asisten dan Pimpinan perangkat Daerah, Camat dan Lurah Lingkup Pemkot Palopo.

Sebelumnya, Badan Anggaran (Banggar) DPRD Palopo optimis Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (RAPBD-P) TA 2018 disahkan, di akhir bulan ini.

Budiman, ST, anggota Banggar DPRD Palopo, menguraikan proses pembahasan RAPBD-P TA 2018. Tanggal 10 September 2018, penyerahan ranperda perubahan. Kemudian fraksi memberikan pandangan terhadap RAPBD-P 2018. Setelah itu, jawaban wali kota atas pandangan fraksi. Sudah itu, didorong ke komisi.

Di komisi, lanjutnya, satu minggu dibahas. Selanjutnya, didorong ke banggar. Banggar juga melakukan pembahasan. Setelah itu, masuk penteapan APBDP-P di akhir bulan ini. (rul/ary)

sumber: palopopos.fajar.co.id