Bacaleg Dilarang Pasang Alat Peraga

Bacaleg Dilarang Pasang Alat Peraga

59
0
SHARE

* Panwaslu Palopo: Tahan Diri Dulu

KOPEL — Panwaslu Palopo mengingatkan para bacaleg agar menahan diri dulu. Jangan curi star. Tidak berkampanye sebelum adanya penetapan daftar caleg tetap (DCT) yang dikeluarkan KPU. Tegas bacaleg dilarang pasang alat peraga kampanye.

Komisioner Panwaslu Palopo, Dwi Abudi Saputra, mengatakan, kegiatan yang mengandung unsur citra diri sebagaimana yang dimaksud dalam pasal 1 ayat 35 Undang-undang Nomor Tahun 2017 tentang pemilihan umum dilarang sebelum masa kampanye.

“Apapun bentuknya kampanye itu saat ini belum diperbolehkan,” jelasnya, siang kemarin.

Menurutnya, pemasangan alat peraga yang mengandung unsur citra diri sebagaimana yang dimaksud dalam pasal ayat 35 Undang–undang No. 7 Tahun 2017 adalah setiap orang atau pihak lain melakukan pemasangan alat peraga yang bertujuan meyakinkan pemilih melalui visi, misi, dan program kepartaian dan atau mengandung unsur peserta pemilu yaitu lambang partai, nomor urut partai dan daerah pemilihan.

Dalam hal pencegahan terhadap terjadinya pelanggaran pemilihan umum, maka Panwaslu Kota Palopo, mengimbau kepada pengurus partai politik di kota Palopo agar mentaati peraturan perundang-undangan terkait dengan pelaksanaan kampanye pemilihan umum tahun 2019 sebelum Panwaslu mengambil tindakan dari setiap pelanggran pemilu, demi terwujudnya pemilihan umum tahun 2019 yang berlangsung secara demokratis.

“Sebaiknya menahan dulu. Karena sekarang ini belum memasuki tahapan kampanye,” katanya.
(rul/ary/palopopos)