Warga Miskin Pemegang KIS di Bulukumba Bayar Rp470 Ribu

Warga Miskin Pemegang KIS di Bulukumba Bayar Rp470 Ribu

5927
10
SHARE

KOPEL ONLINE, MAKASSAR – Harapan warga miskin pemegang Kartu Indonesia Sehat (KIS) untuk mendapatkan pelayanan kesehatan gratis di tempat-tempat layanan kesehatan hanya isapan jempol belaka. Masih banyak warga miskin yang harus merogoh koceknya untuk membayar biaya pengobatan.

Hal ini dialami Nurbaya, warga miskin pemegang KIS yang tinggal di dusun Tujuan, Desa Mattirowalie, Kecamatan Kindang,Kabupaten Bulukumba. Yang harus membayar biaya pengobatan Rp470 ribu.

Awalnya, perempuan yang hanya lulusan SD ini melahirkan di Puskesmas Balibo, pada tanggal 10 Maret 2016 malam Jum’at lalu, didampingi nenek dan keluarganya.

Inisiatif keluarganya untuk membawa ke puskesmas dengan harapan akan mendapatkan pengobatan gratis karena mempunyai Kartu Indoensia Sehat (KIS). Namun, harapan tersebut tidak sesuai kenyataan.

“Seandainya kutauki bilang mau di kasi bayar, tidak kubiarkanji ke puskesmas,” Ujar nenek setengah baya kepada Ketua Divisi Advokasi Masyarakat Sipil, Syarif, ketika berkunjung di kediamanya.

“Waktu di puskesmas, saya di bilangi sama salah satu bidan bahwa yang mana kau pilih mau beli obat harganya 400 ribu dan cepat pulang, atau kau pakai BPJS, tapi lama baru pulang.” Jelas istri Muhammad Rusli ini didampingi keluarganya.

Menanggapi hal ini, Ketua Divisi Advokasi Masyarakat Sipil KOPEL Bulukumba, Muhammad Syarif mengatakan bahwa kasus yang dialami oleh Nurbaya akan diaspirasikan ke DPRD dan Dinas Kesehatan.

“Kami akan secepatnya merespon ini, dan membawa kasusnya ke DPRD.” Jelas Syarif melalui rilisnya ke Kopel Online. (MS)

 

SHARE

10 COMMENTS

LEAVE A REPLY