Saturday , 20 September 2014
Translator :

Tidak Ada Hibah untuk LSM-Ormas Sulsel

By Kopel Online - Sen Okt 29, 2:29 pm

MAKASSAR – Pemprov Sulsel pada 2012 tidak menyaluran dana hibah untuk lembaga swadaya masyarakat dan organisasi kemasyarakatan.

“Tahun ini tidak ada hibah ke LSM dan ormas, karena permohonan bantuan tidak memenuhi syarat,” kata Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah Sulsel Muh Yushar Huduri di Makassar, Senin.

Dia mengatakan, tidak ada dana hibah ke LSM dan ormas setelah muncul kebijakan meniadakan bantuan sosial (bansos) untuk kedua jenis organisasi itu.

Dana bansos, lanjut dia, hanya diberikan untuk bencana sosial seperti kebakaran, banjir dan penyandang cacat yang pada periode 2012 nilainya mencapai Rp2 miliar.

“Khusus LSM dan ormas hanya akan mendapatkan dana hibah, tidak masuk dalam item Bansos lagi, itupun dengan syarat dalam pengajuan permohonannya tercantum perencanaan dan item belanjanya yang akan dimasukkan dalam APBD Sulsel,” katanya.

Dengan demikian, jika tidak memenuhi persyaratan tersebut, maka LSM atau ormas tidak akan mendapatkan dana hibah. Hal itu yang terjadi pada periode 2012, sehingga tidak ada dana hibah yang disalurkan dari kas keuangan Pemprov Sulsel.

Penghapusan bansos untuk LSM dan ormas, dilakukan setelah terjadi penyelewengan anggaran dana bansos periode 2008 yang nilainya mencapai miliaran rupiah yang melibatkan pejabat Pemprov dan DPRD Sulsel.

Pemprov Sulsel kini lebih berhati-hati dalam menyalurkan dana bansos, karena ternyata beberapa penerima merupakan LSM atau ormas fiktif. (T.S036/A013)

(sumber: http://www.antara-sulawesiselatan.com, Senin, 29 Oktober 2012)

Leave a Reply