Perda Miras Masih Kabur

Perda Miras Masih Kabur

14948
115
SHARE

PALOPO—Rencana Peraturan Daerah (Perda) Kota Palopo yang mengatur tentang peredaran Minuman Keras (Miras) di Kota Palopo sampai saat ini masih kabur. Belum ada kejelesan terkait pengesahannya.Alasan ranperda warisan anggota DPRD Palopo periode 2004-2009 belum juga disahkan karena
adanya dua persepsi yang belum bisa menyatu. Itu tentang jarak lokasi penjualan miras itu sendiri.

Ketua Pansus di DPRD Kota Palopo, Nurlinda Sabani yang ditemui Palopo Pos, Jumat beberapa waktu lalu membenarkan jika Perda Miras ini memang belum ditemukan kesepehaman didalamnya. “Perda Miras, satu item yang harus satu persepsi masyarakat,” katanya singkat.

Menurut Nurlinda, jika pembahasan perda tersebut selama ini memang ditemukan sebuah kebuntuan dalam hal penyatuan persepsi dimanaka dikatakannya, adanya yang menginginkan peredaran tersebut dibatasi berdasarkan jarak dari fasilitas umum seperti sarana ibadah dengan tempat penjulan miras itu sendiri. “Ada yang ajukan letak penjulannya sejauh 2 km – 3 km dari fasilitas umum terutama tempat ibadah,” ungkap Nurlinda.

Lanjutnya, satu sisi ada yang menginginkan ketentuan jaraknya di flesible-kan. “Ada yang mengiginkan agar tidak usah ditentukan jaraknya, difleksible-kan saja, nanti ditentukan berdasarkan Perwali,” jelas Nurlinda kembali.

Didesak kapan kemungkinan Perda ini akan selesai, Ketua Pansus mengaku pesimis bisa selesai secepatnya. “Dalam waktu dekat, Pansus tidak mungkin bisa menyelasaikannya, karena kondisi,” katanya.

Kondisi yang dimaksud Nurlinda, yakni dimana Pemkot sementara ini sibuk menghadapi pesta demokrasi.
Sementara itu, Kastpol PP, Ade Chandra yang dihubungi terpisah mengharapkan Perda Miras ini segera dapat diselesaikan dengan alasan penertiban miras merupakan salah satu agenda Satpol PP ke depan. “Kita sulit melakukan penertiban jika perdanya sendiri belum selesai,” tutup Ade Chandra. (che/sms/d)

(sumber: http://palopopos.co.id)

SHARE

115 COMMENTS

LEAVE A REPLY