Friday , 25 July 2014
Translator :

KPU Sulsel Siap Umumkan Hasil Rekapitulasi Suara

By Kopel Online - Kam Jan 31, 5:47 am

MAKASSAR – Ketua Komisi Pemilihan Umum Sulawesi Selatan Jayadi Nas mengatakan, pihaknya siap mengumumkan hasil rekapitulasi penghitungan suara dan penetapan pasangan gubernur/wakil gubernur terpilih masa bakti 2013 – 2018.

“Pengumuman itu dijadwalkan Kamis (31/1). Jadi, seluruh rekapitulasi hasil penghitungan suara dan penetapan Calon Gubernur dan Wagub Sulsel Terpilih Masa Bakti 2013-2018,” kata Jayadi Nas di Makassar, Rabu.

Menurut dia, rekapitulasi tersebut merupakan rapat pleno terbuka untuk menghitung jumlah suara dari 24 kabupaten kota di Sulsel pasca pelaksanaan Pilgub pada 22 Januari 2013.

Sementara mengenai rapat pleno yang akan dihadiri seluruh ketua KPUD di Sulsel, dijadwalkan dimulai pukul 09.00 Wita di Hotel Singgasana, Makassar.

Untuk mengamankan rapat pleno tersebut, termasuk pasca pengumuman penetapan gubernur dan wakil gubernur terpilih, pihak Polda Sulselbar menurunkan sedikitnya 4.000 orang personil dan sedikitnya delapan ruas jalan akan ditutup hingga 1 Februari 2013.

Menanggapi ketatnya pengamanan hasil rekapitulasi suara Pilkada gubernur Suksel, pengamat sosial politik dari Lembaga Studi Kebijakan Publik Makassar Salma Ruslan mengatakan, hal itu penting untuk melancarkan proses dan tahapan akhir Pilkada Gubernur Sulsel.

“Semua pihak perlu mengawal Pilkada Gubernur Sulsel dengan sebaik-baiknya, karena itu jangan ada pihak yang mencederai pihak lain,” katanya.

Menurut dia, ketiga pasangan calon harus senantiasa berpatokan pada “deklarasi damai” yang sudah ditandatangani dan dicetuskan bersama bahwa siap menang dan siap kalah.

(sumber: http://antara-sulawesiselatan.com)

Leave a Reply