Konfrensi Perss Pembahasan Tatib DPRD Sulsel

Konfrensi Perss Pembahasan Tatib DPRD Sulsel

20902
1
SHARE

KOPEL ONLINE, MAKASSAR – Komite Pemantau Legislatif (KOPEL), kembali menggelar Konferensi Pers terkait pembahasan Tata Tertib (Tatib), adapun yang menjadi pembicara kali ini yaitu A. Luhur Prianto (Akademisi Unismuh), Anwar Razak (Devisi Keuangan Daerah) dan Musaddaq (Devisi Koordinator Advokasi Masyarakat Sipil), dan hadir pula dari berbagai media cetak maupun elektronik, di Kantin DPRD Sulsel. Kamis (15/10).

Dalam konfrensi perss A. Luhur Prianto, mengatakan ketika rancangan Tatib ini di sahkan oleh DPRD maka dari mana lagi masyarakat akan mendapatkan informasi terkait kinerja DPRD, jika hampir keseluruhan agenda rapat -rapat di DPRD bersifat tertutup.

“sekarang ini di  DPRD ada suatu desain besar atau upaya dari elit politisi yang ingin mengurangi akses informasi”. kata Luhur Prianto

Hal senada juga disampaikan Anwar Razak, ada upaya sistematis menyambut pemberlakuan UU Pilkada lewat DPRD, dan apabila ini terjadi maka rapat rapat selain rapat paripurna akan tertutup, dan ini akan berdampak kepada media tidak akan lagi mendapatkan akses informasi apa yang terjadi di DPRD dan dokumen APBD tidak akan mudah lagi didapatkan. Ini merupakan kemunduran transparansi di DPRD yang dulunya dapat di akses oleh siapa saja sekarang dihalang halangi dengan cara di buatkan dalam draft Tatib, bahwa rapat selain rapat paripurna, istimewa adalah bersifat tertutup.

“sebelum-sebelumnya masyarakat pernah dilibatkan dalam salah satu keanggotaan alat kelengkapan DPRD yaitu di Badan Kehormatan, namun sekarang ini masyarakat tidak pernah lagi dilibatkan dalam keanggotaan, ini merupakan kemunduran akan transparansi anggota DPRD terhadap masyarakat ” Ujar Anwar Razak

Sumber : Muh. Iqbal

SHARE

1 COMMENT

LEAVE A REPLY