Kata KPU, DCS Parpol Bermasalah tak Perlu Dipolemikkan

Kata KPU, DCS Parpol Bermasalah tak Perlu Dipolemikkan

28364
199
SHARE

MAMUJU – Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) pusat, mengatakan hasil verifikasi berkas bakal Caleg yang masuk Daftar Calon Sementara (DCS) Pemilu 2014, namun dinilai banyak bermasalah tak perlu dipolemikkan secara berlebihan.

“Pengumuman hasil verfikasi terhadap DCS partai politik memang banyak yang bermasalah. Namun, kami anggap persoalan itu sebuah peristiwa biasa sehingga tak perlu dibesar-besarkan oleh media,” kata anggota KPU Pusat, Arief Budiman usai melaksanakan tes uji kepatutan dan kelayakan bagi 10 calon komisioner KPU Sulbar di Mamuju, Rabu.

Menurut mantan anggota KPU Jawa Timur tersebut, kelengkapan berkas oleh bakal Caleg yang bermasalah dianggapnya hal yang biasa-biasa dan tak perlu dihebohkan karena memang membutuhkan proses untuk dilakukan perbaikan.

Secara normatif, kata dia, KPU masih memberikan toleransi bagi partai atau Bacaleg untuk melengkapi berkas yang dianggap kurang.

“KPU telah membuka ruang untuk dilakukan perbaikan-perbaikan bagi bacaleg atau parpol. Intinya, tidak mesti berkas bacaleg pada tahap verifikasi itu mutlak lengkap,” ungkap Arif Budiman.

Terkait peristiwa di Sulbar adanya Bacaleg yang terdaftar lantas yang bersangkutan tidak merasa pernah mendaftarkan diri menjadi bakal Caleg, kata Arif, itu bukan wilayah kerja KPU namun hal itu menjadi otoritas partai politik yang bersangkutan.

“Intinya, persoalan Bacaleg ini akan diklarifikasi langsung oleh partai politik dan diharapkan melengkapi berkas yang dinilai masih kurang,” ujarnya.

Lebih jauh, Arif menyampaikan, pada masa perbaikan ini partai politik masih diberikan kesempatan untuk melakukan penggantian sebelum KPU plenokan daftar caleg peserta pemilu April 2014 mendatang.

“Saya rasa ada aturan yang jelas harus menjadi perhatian oleh parpol. Yang pastinya, bacaleg tidak boleh terdaftar pada dua parpol. Jika hingga masa perbaikan belum ada pergantian dan tetap terdaftar pada dua parpol maka KPU pasti menggugurkan nama Caleg ganda tersebut,” urainya.

Ia menyampaikan, 12 partai politik yang telah menyerahkan berkas bakal Caleg ke KPU, sedikitnya terdapat 6.576 berkas diterima KPU.

(sumber: http://antara-sulawesiselatan.com)

SHARE

199 COMMENTS

LEAVE A REPLY