Jokowi Menang Bukti Pemilih Tak Peduli Tampang

Jokowi Menang Bukti Pemilih Tak Peduli Tampang

9770
14
SHARE
Joko Widodo dan Basuki T.Purnama. (foto: jpnn.com)

JAKARTA – Pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Ikrar Nusa Bhakti, menilai kemenangan Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon gubernur DKI Jakarta karena faktor gaya (style). Menurut Ikrar, Jokowi memiliki gaya yang sangat berbeda dengan Fauzi Wibowo.

“Jokowi itu dari penelitian UI semuanya bagus, hanya satu kurangnya dia yakni tidak punya tampang. Berbeda dengan Foke yang tampang pejabat gubernurnya sangat kuat,” kata Ikrar di Jakarta, Kamis (20/9).

Namun ditegaskannya, masyarakat Ibu Kota ternyata tidak mempersoalkan  tampang. “Mereka justru memilih Jokowi yang sederhana dan tampangnya kurang meyakinkan karena masyarakat tahu, tampang bukan penentu utama,” ujarnya.

Sedangkan peneliti Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis) Ma”mun Ibnu Ridwan mengatakan, Jokowi menang karena punya sifat humanis tinggi. Selain itu, sifat Jokowi yang tidak sok-sokan sebagai pejabat juga menjadi keunggulannya.

“Foke dan Jokowi dua karakter yang sangat berbeda. Foke yang sukanya tampil di hotel mewah dan selalu wangi, sangat bertolakbelakang dengan Jokowi yang lebih suka merakyat dan tampil tidak wangi,” terangnya.

Ditambahkannya, Jokowi juga lebih senang tampil tanpa protokoler. Sedangkan Foke, penuh aturan dan protokoler. “Masyarakat Jakarta mungkin melihat itu, mereka mencari pimpinan sederhana tapi bisa kerja dan itu ada di Jokowi,” tandas Ma”mun. (Esy/jpnn)

(sumber: http://www.jpnn.com, Jum’at, 21 September 2012)

SHARE

14 COMMENTS

LEAVE A REPLY